proses jahit seragam

Cara Jahit Seragam Kerja dan Kantor

Posted on Posted in Uncategorized

Cara Jahit Bahan untuk seragam kerja & kantor :

Ada beberapa Proses yang dilakukan dalam pekerjaan Menjahit Seragam?
Dalam Pembuatan Seragam Proses menjahit dapat dibagi menjadi tiga tahapan utama, yaitu pertama adalah tahap pembuatan pola, kedua tahap pemotongan bahan dan terakhir adalah tahap menjahit bagian-bagian kain yang telah dipotong-potong tersebut.

Tahap pertama: pembuatan pola
Sebelum menjahit pakaian, seorang penjahit perlu memiliki gambaran tentang pakaian seperti apakah yang akan dibuatnya dan ia juga perlu mengetahui berapa ukuran yang akan dibuat untuk pakaian tersebut. Apakah pakaian untuk orang dewasa, pakaian anak kecil, pakaian laki-laki ataukah pakaian untuk perempuan. Segala gambaran dan data-data tersebut, biasanya perlu dituangkan terlebih dahulu dalam sebuah gambar yang disebut sebagai pola pakaian atau pola baju. Jadi, yang dimaksud dengan pola pakaian adalah bagian-bagian pakaian yang digambar di atas selembar karton ataupun kertas untuk kemudian dijiplak di atas kain yang akan digunakan sebagai bahan yang akan dijahit menjadi pakaian.

Tahap kedua: pemotongan bahan kain
Setelah proses pembuatan pola selesai, sebagaimana diuraikan pada bagian atas, pola yang sudah dijiplak di atas tersebut akan dipotong. Pemotongan bahan kain harus dilakukan secara hati-hati dan mengikuti gambar pola yang sudah dijiplakkan pada kain tersebut. Seorang yang sudah ahli dalam pembuatan pola dan pemotongan bahan kain, akan berusaha mencari posisi yang paling efisien dalam menempatkan gambar pola tersebut di atas potongan kain agar ketika kain dipotong tidak banyak bagian kain yang tidak terpakai lagi atau harus dibuang. Atau, ada pola penjahit konveksi yang membiarkan ada bagian-bagian kain yang berada di luar pola untuk tujuan pembuatan bahan pendukung pakaian seperti kantong, kerah dll.

Tahap ketiga: menjahit potongan-potongan bahan kain
Setelah melewati tahap kedua diatas, maka kini penjahit mendapatkan potongan-potongan pola pakaian dalam bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Tugas seorang penjahit adalah menyatukan potongan-potongan kain tersebut sehingga menjadi bentuk pakaian yang siap digunakan. Ada berbagai macam teknik menjahit yang dikenal hingga saat ini, namun bagian tersebut akan kami bicarakan dalam postingan lain.

Tahap-tahap ini adalah urutan sederhana dalam sebuah proses menjahit di dalam industri konveksi. Ada juga faktor-faktor lain yang menentukan kualitas pekerjaan sebuah usaha konveksi, seperti pemilihan bahan yang tepat untuk menghasilkan pakaian dengan kegunaan tertentu. Faktor quality control untuk memastikan bahwa semua produk konveksi telah dibuat secara benar dan sesuai dengan keinginan konsumen dan faktor-faktor lainnya.

Jika anda membutuhkan jasa pelayanan pekerjaan yang berhubungan dengan konveksi seperti pembuatan jahitan rupa-rupa seragam, bahan konveksi untuk rumah tangga serta bahan aksesoris konveksilainnya anda dapat menghubungi kami di 0838 1522 6814 atau 0851 1158 5798.

Jenis seragam yang kami kerjakan adalah:

Untuk informasi lebih jelas anda bisa datang ke workshop kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *